Kamis, 08 Juli 2010

Syahrani dan Jupe Mendapat Gelar Bangsawan dari Keraton Yogyakarta??

Pagi ini aku mendapat berita dari sebuah stasiun Televisi Swasta yang menyatakan bahwa Keraton Solo memberikan gelar Kebangsawanan kepada dua orang artis yaitu Syahrani dan Julia Peres alias Jupe dengan alasan bahwa mereka mau menjadi duta Keraton.

Sepintas sih tidak ada masalah dengan hal itu, tapi bagi saya pribadi sepertinya tidak suka dengan pemberian gelar itu bagi mereka. Alasannya karena menurut saya mereka tidak cocok untuk mendapatkannya. Bagi saya seseorang mendapat gelar Kebangsawanan itu terlepas dari atau diberikan oleh siapa seharusnya harus benar-benar diberikan kepada mereka yang layak disebut sebagai bangsawan. Kalau untuk Syahrini dan Jupe bangsawan apa yang layak mereka sandang. Terkhusus untuk Jupe, apakah bangsawan cara berpakaiannya yang pantas dibangsawankan untuk ditonjolkan dan lantas ditiru masyarakat? Bangsawan itu adalah panutan pada masyarakat mulai dari perkataan dan perbuatan yang dimana berada pada predikat "BAIK".




Saya agak bingung nih, atas dasar apa pihak Keraton Solo memberikan gelar ini bagi mereka. Apa pertimbangannya sehingga mereka sangat layak untuk mendapatkannya. Saya pikir pihak keraton harus benar-benar menjaga kekeratonannya, budaya keratonan itu merupakan salah satu institusi yang menjaga kelestarian kebudayaan Indonesia. Jika Keraton Solo saja tidak peka lagi terhadap hal-hal seperti ini, mau dibawa kemana lagi kebudayaan lokal Indonesia, padahal selama ini Keraton Solo salah satu pilar budaya.


Untuk itu, tulisan ini sebagai kritikan saya pribadi kepada pihak Keraton yang memberikan gelar kebangsawanan kepada artis tersebut di atas, agar lain kali mempertimbangkan dengan sematang-matangnya jika ingin memberikan gelar baik itu gelar kebangsawanan atau gelar lainnya, biar gelar itu tidak terkesan murahan.



4 komentar:

Anonim mengatakan...

ralat, bung. bukan dari Keraton Jogja, tapi Keraton Solo. Tolong agak lebih cermat sebelum mempublikasikan sesuatu.

Salam

Mekar Paian Sinurat mengatakan...

okaii,,
makasih atas sarannya bung.
nanti diperbaiki..

ricky mengatakan...

Kapan akan diperbaiki tolong segera diperbaiki keraton Ngayogyokarto hadiningrat tak pernah memberi gelar sembarangan acakadul seperti itu. JUDULNYA DIRALAT SENGAJA APA TLEDOR INI?

ricky mengatakan...

Kapan akan diperbaiki tolong segera diperbaiki keraton Ngayogyokarto hadiningrat tak pernah memberi gelar sembarangan acakadul seperti itu. JUDULNYA DIRALAT SENGAJA APA TLEDOR INI?

Translate
TINGGI IMAN - TINGGI ILMU - TINGGI PENGABDIAN

Visitor