Rabu, 14 Oktober 2009

Apa Itu SUKSES

Menjadi harapan semua orang untuk bisa menggapai sukses, namun tidak semua orang dapat memahami kesuksesan sesungguhnya. Tulisan ini akan mencoba memaparkan apa itu arti sukses dan tentunya ini adalah menurut perspektif penulis sendiri. Penulis sangat menjunjung tinggi kebebasan berpendapat dan semua kawan-kawan bisa memberkan penilain tersendiri. Tapi begini kawan, menurut saya bahwa secara sukses itu adalah bagaimana kita bisa menikmati, bersyukur atas kondisi kita sekarang.
Sukses adalah kondisi ketika kita masih memiliki pengharapan akan keadaan yang lebih baik. Suskes ada menurut pandangan manusia dan menurut pandangan Tuhan. Sekarang sukses yang manakan yang kita anut dan kita pahami?


Sukses adalah sebuah tujuan, apakah itu benar? Atau sukses adalah sebuah proses? Dalam Joshua 1 ayat 8 disebutkan : “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung”. Ayat ini membawa kita kepada suatu pemahaman bahwa ketika kita bertindak sesuai dengan firmanNya maka perjalanan kita akan berhasil. Menurut saya perjalanan yang dimaksud disini adalah proses menuju kekekalan hidup itu.
Selama kita berada di bumi sukses itu adalah proses dan tidak berhenti di satu titik. Ketika saya masih SD maka saya bertekad untuk menjadi lulusan yang terbaik dan itu tercapai. Menurut saya saat itu saya sukses. Ketika saya tamat dari SMP saya bercita-cita untuk melanjutkan sekolah ke Asrama Yayasan Soposurung (SMAN 2 Balige) dan cita-cita tersebut tercapai. Saat itu saya sukses. Namun apakah kesuksesan itu sampai di titik itu saja dan berhenti? Ternyata tidak karena saya masih berhasil mencapai cita-cita saya yaitu masuk perguruan tinggi negeri tepatnya di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Apa yang saya gambarkan adalah sukses-sukses kecil yang telah saya gapai dan menunjukkan bahwa sukses itu tidak berhenti saat kita berhasil mencapai keinginan kita, namun selalu muncul harapan baru untuk sukses selanjutnya.
Menurut John Maxwell bahwa sukses itu adalah ketika kita menjadi berkat bagi orang lain. Ini adalah pandangan manusia terhadap hubungannya dengan orang lain selaku umat ciptaan Tuhan. Bagaimana kita bisa membahagiakan orang lain, menolong, berbagi sukacita dan dukacita bersama.
Untuk menjadi orang yang sukses kita harus bersedia untuk meneguhkan hati dengan sungguh-sungguh di hadapan Tuhan. Kita mendekatkan diri kepadaNya karena harus diyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi kepada kita adalah atas sekehendakNya. Selain itu kita harus memiliki kemauan untuk melihat yang terbaik dari orang lain. Tidak ada manusia yang sempurna sehingga kita harus belajar dari orang lain juga. Ketika kita berhasil menggabungkan kemampuan pribadi yang kita miliki dan kekuatan yang dimiliki orang lain serta kita bersujud kepadaNya maka saya yakin kesuksesan itu akan berada di pihak kita.
(sebagian besar materi penulis peroleh saat mengikuti kegiatan PA di GMKI atau kunjungi www.gmkibandung.blogspot.com )



Tidak ada komentar:

Translate
TINGGI IMAN - TINGGI ILMU - TINGGI PENGABDIAN

Visitor