Kamis, 06 Februari 2014

Sepakbola Indonesia: Butuh Pemain ke-12

 Ini tulisan sederhana saya tentang persepakbolaan di tanah air khususnya Timnas. Saya bukan jago main bola tapi suka memainkannya dan bukan juga pengamat bola. Tulisan ini sekedar keisengan belaka di kala membaca di media sosial terutama fesbuk dan twitter tentang ragamnya tanggapan masyarakat Indonesia terhadap hasil pertandingan ketika Timnas melawan tim luar.

Saya bangga dengan Timnas sekarang, kalaupun memang jauh lebih bangga dengan Timnas zaman dulu ketika saya masih SD sekitar 15 tahun lalu yaitu zamannya Widodo Cahyono Putro cs…. Hal yang sangat kurang dengan kondisi Timnas sekarang adalah tidak adanya pemain ke-12. Siapakah pemain ke-12 ini? Dia adalah supporter. Dan memang benar-benar supporter sejati, supporter yang selalu mendukung dimanapun dan kapan pun timnas bermain dan APAPUN hasilnya. Kenyataan yang saya lihat adalah ketika Timnas berhasil menang maka akan dipuja-puja dengan heboh dan kegembiraan yang meluap-luap. Tapi ketika kalah maka Timnas akan mendapat cacian, makian dan celaan dari para supporter. Harusnya supporter tidaklah boleh bersikap demikian, menang atau kalah bahwa timnas adalah bagian dari KITA, bagian dari sel Indonesia. 
 
Sumber foto: internet
Ketika Timnas kalah, maka kita yang juga selaku supporter, baik yang mendukung langsung menonton di stadion ataupun dari TV haruslah tetap mendukung Timnas. Mendukung dengan tetap memberikan semangat. Bahwa ketika Timnas memiliki semangat yang kuat didorong dari para fans atau supporter maka kepercayaan diri mereka juga untuk bermain akan lebih baik. Saya kira ini yang hilang dari supporter Indonesia. 

Kita sadar bahwa saat ini PSSI masih ribut dengan lembaga mereka dan tentu berpengaruh dengan kondisi Timnas. Ketika PSSI juga tidak serius memperhatikan para pemain Timnas, lantas darimanakah Timnas mendapat dukungan kalau tidak dari masyarakat Indonesia (supporter)? Kita harus merubah dan memperbaiki mindset kita tentang Timnas selama ini yang kurang baik. Haruslah kita dukung selalu Timnas untuk kejayaan Indonesia. Bisa kita bandingkan dengan para pemain Timnas luar atau klub sepakbola luar, bagaimana supporter mereka mendukung habis-habisan. Itu nyata-nyata sangat penting di Sepakbola Tanah Air, Pemain ke-12.
Salam….

7 komentar:

Unknown mengatakan...

Seram judul blognya pak.... "Jeruji Pembebasan".... Tapi keren pak!!!

Note : Visit blog saya ya pak, begudeleng.blogspot.co

Mekar Sinurat mengatakan...

hahaa...
'jeruji pembebasan' itu muncul di kala saya masih mahasiswa, biasa kalo mahasiswa itu punya imajinasi 'liar'.

Mekar Sinurat mengatakan...

saya sudah visit blog nya...,
kerenn juga. Tapi itu nama mama saya liat yang posting?

Mekar Sinurat mengatakan...

saya sudah visit blog nya...,
kerenn juga. Tapi itu nama mama saya liat yang posting?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

hahahaha... iya pak... saya blogging atas nama orangtua biar bisa ikut 'google adsense'... karna syaratnya google adsense itu harus 18 tahun ke atas...

biar bisa menampilkan iklan di blog saya pak...

Mekar Sinurat mengatakan...

oke okee..
tetap jaga konsistensimu untuk menulis :)

Translate
TINGGI IMAN - TINGGI ILMU - TINGGI PENGABDIAN

Visitor