Selasa, 04 Februari 2014

Saat Mendampingi Siswa Olimpiade


Pada tanggal 26 Januari yang lalu saya bawa siswa saya ikut lomba STIS di regional SUMUT. Kebetulan yang dihunjuk menjadi tuan rumah adalah MAN 1 Medan. Saya berangkat dengan 6 orang siswa yang akan mengikuti lomba.
Beruntung ketika di sekolah tersebut saya boleh bertemu dengan teman-teman para guru SMA dan juga guru SMP dan SD karena memang ITS menyelenggarakan lomba ini juga untuk tingkat SD-SMA. Beruntungnya adalah karena saya mendapatkan cerita dan sekaligus menjadi pengalaman menarik dengan mereka. Mereka bercerita tentang sekolah masing-masing dan bagaimana pengembangan atau konsep yang mereka lakukan terhadap pembinaan akademik dan kedisiplinan siswa.
Tentang konsep pembinaan akademik dan kedisiplinan siswa, saya memang agak menguasai karena di sekolah saya di Soposurung kedua hal itu menjadi kewajiban yang harus dilakukan/dimiliki siswa. Namun melalui cerita pengalaman guru-guru tersebut, saya semakin menyadari bahwa apa yang selama ini telah kami geluti di Soposurung belumlah apa-apa atau maksimal. Justru menurut saya ada hal-hal yang sudah ketinggalan. Hal itu menjadi pergumulan saya pribadi, bagaimana membuat ‘ketertinggalan’ ini kelak menjadi suatu prestasi di sekolah kami. Yaaa…semoga saya kelak punya kesempatan untuk itu.

Tidak ada komentar:

Translate
TINGGI IMAN - TINGGI ILMU - TINGGI PENGABDIAN

Visitor