Alkisah pertemuan dua makhluk terjadi di sebuah negeri antah berantah yang dinamai Negeri para Ksatria. Di negeri ini, sejak lama berselang kisah-kisah ksatria telah menjadi dongeng dan isapan jempol. Tidak ditemukan lagi seorang ksatria yang benar-benar ksatria sejati. Kekacauan dan keributan terjadi dimana-mana. Negeri ini dirundung kegelapan.
Pada suatu hari bertemulah dua jenis makhluk pada suatu panggilan turnamen.Makhluk pertama bernama Intelizart yang mengandalkan kemampuan pisau analisis logis tak tersaingi. Makhluk kedua bernama Emotizart yang mengandalkan kemauan dan kehendak berapi-api yang tak terbandingkan.
Kedua makhluk ini menghadiri sebuah turnamen. Permainan catur ksatria. Pada mula pertama permainan, Emotizart mengalami kekalahan yang telak. Ia pun merasa kecewa teramat sangat, sebab kehendaknya untuk menang sangat besar. Intelizart keluar sebagai pemenang nyaris tanpa ekspresi. Sebab yang dipikirkannya betapa bodohnya dan tololnya lawan tandingnya itu, ia pun merasa menyianyiakan waktu bertanding melawan makhluk tak berotak.
Mengetahui sikap Intelizart yang meremehkan kehendak berapi-api Emotizart, maka segera ia mengejar dan memukuli si makhluk Intelizart sampai babak belur. Intelizart kalah, karena ia tak punya hasrat gaduh dan rusuh. Emotizart nyaris menghabisi Intelizart . Pun papan catur dan bidak catur sudah hancur berantakan dan terbakar.
Seorang makhluk juru damai terusik kedamaiannya melihat pertikaian di negeri para ksatria. Ia disebut dengan julukan Spiritizart. Ia terlihat cukup tua, sarat pengalaman damai dan harmoni. Ia pun menengahi dan mencampuri urusan pertikaian Intelizart dan Emotizart. Yang dia tawarkan hanya damai dan damai dan damai tanpa solusi. Tidak ada ditemukan solusi untuk menyelesaikan persoalan ini. Damai dan harmoni bukan suatu defenisi solusi. Dimana solusi, apa solusi untuk menyelesaikan pertikaian Intelizart vs Emotizart.
Akhirnya mereka bertiga bergegas menemui seorang bijak yang dinamai Trisulart. Ketiganya menyampaikan keluhan dan duduk persoalan yang terjadi. Bahwa tidak ada solusi ditemukan. Absurd. Bahwa semuanya dimulai dari kekalahan dan kemenangan pada turnamen Permainan Catur Ksatria. Trisulart manggut-manggut mengelus jambang putih memanjang di dagunya sambil mencoba memahami permasalahan yang ada. Namun, ia juga tak memiliki solusi yang pasti. Adakah kepastian? Tidak ada solusi yang pasti menyelesaikan persoalan. Trisulart tak memiliki sesuatu yang bisa ditawarkan.
Hanya saja, Trisulart yang konon terkenal dengan ide-ide usil dan liarnya, menawarkan sebuah ide untuk mencari jalan keluar dari persoalan ini. Intelizart dan Emotizart didudukkan kembali pada kursi masing-masing. Papan catur diukir kembali menghubungkan keduanya. Permainan pun dimulai.
Akan tetapi ada perjanjian yang harus disepakati bersama. Kesepakatan. Untuk menghindari persoalan dan pertikaian, maka setiap permainan selesai dijalankan setiap pihak yang kalah wajib dan harus "mengukir papan catur yang baru". Dan pihak yang menang harus selalu mendampingi pihak yang kalah "mengukir papan catur yang baru" tersebut serta memberikan masukan untuk memperbaiki kekurangan kekalahan sebelumnya. Dan tugas makhluk Spiritizart adalah menjaga kedamaian dan harmonisasi Permainan Catur Ksatria tersebut. Ketiganya mengangguk pertanda setuju dengan kesepakatan isyarat Trisulart.
Permainan pun dimainkan kembali. Seiring waktu, Emotizart mengalami banyak sekali kekalahan demi kekalahan. Oleh karena Intelizart memang sepertinya tercipta untuk menguasai jalannya permainan. Sesuai kesepakatan di awal, yang kalah harus bekerja keras mengukir papan catur yang baru. Dan yang menang menemani dan memberikan masukan atas kekurangan pihak yang kalah. Maka terukirlah satu papan catur yang baru. Demikian selanjutnya dan seterusnya. Sehingga kini di seluruh negeri para ksatria telah terdapat papan catur baru hasil dari turnamen ini. Orang-orang pun menjadi terkagum- kagum atas usul Trisulart. Kesepakatan dan isyarat harus dijalankan dan dipatuhi supaya permainan menghasilkan sesuatu yang bernilai, bermanfaat, dan berdayaguna. Orang-orang di seluruh pelosok negeri para ksatria terinspirasi dan mencoba mengikuti dan menjalankan ide mulia tersebut.
Tanpa sadar, setelah bermain dan terus bermain permainan catur ksatria, Emotizart kini seperti mengalami peningkatan kemampuan. Dia sepertinya mulai memahami teknik dan strategi memenangkan permainan catur ksatria. Ia mulai mempelajari ilmu, teknik dan strategi Intelizart. Berguru dengan hati yang penuh gelora semangat dan sikap kerendahan hati yang tulus ikhlas. Sungguh perbedaan sikap yang ditampilkan Emotizart itu mencengangkan dan mengharukan bagi Intelizart. Pun beberapa kali kemampuan Intelizart bermain sudah bisa diimbangi oleh Emotizart. Intelizart pun tak mau ketinggalan, kini dia semakin memacu diri. Memompa semangat untuk meningkatkan kemampuan analisis dan teknik permainan catur ksatria yang belum pernah dilihat di negeri para ksatria. Intelizart sepertinya memiliki semangat berapi-api untuk menggapai level Intelizart jenius di negeri itu. Hal yang sama terjadi pada diri Emotizart yang hendak mengasah kebolehannya menjadi Emotizart jenius di negeri para ksatria.
Disadari atau tidak, Intelizart dan Emotizart kini saling mempengaruhi satu sama lain. Keduanya saling menginspirasi. Tentu saja semua ini terjadi berkat dorongan energi damai dan harmonisasi dari makhluk Spiritizart. Tanpa kehadiran damai dan harmonisasi yang dimiliki Spiritizart, semua pencapaian itu tak akan berlangsung dan bertahan lama.
Masing-masing ketiga makhluk ini belajar mengoreksi diri akan kesalahan-kesalahan di masa lampau dan belajar mengasah kemampuan terus menerus untuk mencari dan menemukan solusi akhir dari permainan catur ksatria.
Trisulart dengan jambang putih kebanggaanya manggut-manggut memperhatikan ketiga makhluk itu. Diam-diam dia juga merasakan ternyata ikut terimbas inspirasi dari pencapaian ketiga makhluk itu. Ia melihat gambaran ide permainan catur ksatria itu sangat manjur untuk ketiga makhluk tersebut. Ia pun mengambil peran untuk semakin memperkaya permainan dengan tulisan-tulisan kebijaksanaan, ide-ide baru permainan permainan. Karena memang keistimewaan Trisulat adalah menemukan ide baru dengan metode permainan yang mengasikkan dengan riang dan gembira. Trisulat juga ikut mengasah diri meningkatkan kualitas dan kuantitas ide permainan. Supaya permainan catur ksatria itu menjadi permainan yang penuh kebijaksanaan, bukan asal permainan yang tak benilai, yang tak bermanfaat, yang tak berdayaguna. Inilah peran yang diambil oleh Trisulat. Memain-mainkan ide, nilai, manfaat, guna, dalam suatu kompleksitas permainan. Sehingga ditemukan hal-hal baru yang menginspirasi negeri para ksatria. Jalan ksatria pun terbentang sudah.
Kini negeri para ksatria perlahan memulihkan diri dari pertikaian sebelumnya yang menyebabkan masing-masing makhluk saling mencaci dan melukai. Permainan catur ksatria pun disebarkan keseluruh pelosok negeri. Anak-anak di seantoro negeri diharapkan mau mengikuti memainkan permainan catur ksatria seperti telah dicontohkan dan diteladani oleh Intelizart, Emotizart, Spiritizart, dan Trisulart.
Sekali lagi, kekuatan damai dan keselarasan harmoni menunjukkan titik cerah di Negeri para Ksatria. Hingga kelak terlahirlah kembali dari negeri itu Ksatria-Ksatria Sejati yang menginspirasi.
sorry buat bang Jolly karena tulisannya ku repost tanpa ijin,, heheee
Tidak ada komentar:
Posting Komentar